Melalui jaringan backlink yang kami miliki merupakan penyedia jasa backlink menerima berbagai backlink Indonesia dengan layanan jasa backlink murah yang kami kelola secara manual dan profesional. Kami menawarkan jasa backlink terbaik. Bagaimana cara membeli backlink dari kami?. Silahkan 👉 Hubungi Kami! harga sangat terjangkau!

01. Backlink Indonesia 26. Iklan Maluku Utara
02. Backlink Termurah 27. Iklan Nusa Tenggara Barat
03. Cara Membeli Backlink 28. Iklan Nusa Tenggara Timur
04. Iklan Aceh 29. Iklan Online Indonesia
05. Iklan Bali 30. Iklan Papua
06. Iklan Bangka Belitung 31. Iklan Papua Barat
07. Iklan Banten 32. Iklan Riau
08. Iklan Bengkulu 33. Iklan Semesta
09. Iklan Dunia 34. Iklan Sulawesi Barat
10. Iklan Gorontalo 35. Iklan Sulawesi Selatan
11. Iklan Internet 36. Iklan Sulawesi Tengah
12. Iklan Jakarta 37. Iklan Sulawesi Tenggara
13. Iklan Jambi 38. Iklan Sulawesi Utara
14. Iklan Jawa Barat 39. Iklan Sumatra Barat
15. Iklan Jawa Tengah 40. Iklan Sumatra Selatan
16. Iklan Jawa Timur 41. Iklan Sumatra Utara
17. Iklan Kalimantan Barat 42. Iklan Terbaru
18. Iklan Kalimantan Selatan 43. Iklan Yogyakarta
19. Iklan Kalimantan Tengah 44. Jaringan Backlink
20. Iklan Kalimantan Timur 45. Jasa Backlink
21. Iklan Kalimantan Utara 46. Jasa Backlink Murah
22. Iklan Kepulauan Riau 47. Jasa Backlink Terbaik
23. Iklan Lampung 48. Jasa Backlink Termurah
24. Iklan Link 49. Media Backlink
25. Iklan Maluku 50. Raja Backlink

Kami jaringan backlink sebagai media backlink bisa juga menerima content placement yakni jasa backlink termurah kami di dalam artikel. Pesan segera jasa backlink termurah ini. Karena kami adalah raja backlink yang sebenarnya!

Pengertian dan Cara Merakit Kabel UTP

mbahutp

mbahsecond.blogspot.com - Pada postingan kali ini ane mau ngshare tentang Pengertian dan Cara Merakit Kabel "UTP" dan dipostingan ini juga bakalan dikasih tau urutan pemasangan kabelnya, bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan perakitan dan juga fungsi dari kabel UTP itu sendiri.




Pengertian 
Kabel UTP  merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair yang berarti Unshield (tidak tahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik, dan twisted ( artinya terdiri dari pasangan-pasangan kabel yang disusun secara berlilitan atau membentuk spiral.
adalah jenis kabel yang bisanya digunakan dalam jaringan komputer.

Kabel UTP memiliki impemendasi kira-kira 100 Ohm dan tersedia dalam beberapa kategori yang ditentukan  dari kemampuan trasnmisi data yang dimilikinya seperti tabel berikut :


diantara semua kabel diatas, kael Enchanced Category 5 (Cat5e) dan Category 5 (cat5)  merupakan kabel UTP yang paling populer yang banyak digunakan dalam jarigan berbasis teknologi Ethernet. untuk lebih jelasknya baca dari sumbernya


Pemasangan kabel LAN 
Sebelum mulai merakit atau memsang kabel LAN atau yang umum disebut kabel UTP atau kabel RJ-45. mesti ada alat-alat yang perlu dipersiapkan diantaranya.
  • Kabel UTP 2m bisa lebih

  • Konektor RJ-45 (minimal 4 buah masing 2 untuk memasang kabel type cross dan 2 untuk straight) karena pada konektor JR-45 ini hanya untuk sekali pakai, jika sudah dipress maka tidak dapat digunakan lagi.
 
 


  • Criming Tools (tang khusus untuk pemotongan dan mengepress kabel utp dan juga konektor RJ-45

  • Kabel Tester untuk menguji hasil dari pemasangan yang telah dibuat sebelumnya. 
   
Cara Pemasangan Kabel UTP dengan RJ-45 konektor

Dalam pemasangan kabel LAN memiliki 2 tipe atau 2 cara yaitu Cross dan Straight. dan juga didalam kabel UTP ada yang perlu diperhatikan yaitu urutan warna karena tiap tipe pemasangan berbeda urutan warnanya.


Cara pemasangan Kabel UTP tipe Straight
fungsi straight adalah untuk digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dengan melalui perantara hub ataupun switch, dan juga dapat menghubungkan satu komputer dengan hub atau sebaliknya. dan berikut cara memasang kabel tipe staight ada ada yang perlu diperhatikan berikut cara-caranya :

  • Kupas ujung kabel sekitar 1cm, sehingga kelihatan kabel kecil-kecil yang berwarna dan terdapat 8 kabel kecil dengan masing-masing warna yang berbeda dan juga akan terdapat seperti serabut dan serabut ini jangan dipotong karena berfungsi untuk pengikat saat kabel sudah dipress
  • rapihkan kabel-kabel kecil tersebut dan urutkan berdasarkan warnanya yaitu Orange putih, Orange , Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Coklat, Coklat Putih, dan Coklat. kemudian ratakan ujungnya.

  • Setelah diurutkan warnanya seperti gambar diatas, maka kabel tersebut bisa langsung dimasukkan kedalam RJ-45 konektor. dan perhatikan pemasangan kabel dengan konektor seperti gambar berikut ini.

  • gambar diatas adalah cara pegang konektornya, perhatikan pada konekotr terdapat tanduk atau penguncinya dan berada dibelakang dari pandangan kita. lalu masukkan kabel UTP kedalam konektor sesuai kan warnanya dengan nomor yang tertera pada gambar.
  • setelah kedelapan kabel kecil berhasil dimasukkan dengan menyesuaikan warnanya, maka cek dulu bagian atas dari konektor apakah tembaga pada kabel-kabel kecil itu sudah terlihata atau mincul semua atau belom jika masih ada yang belom terlihat bisa ditekan atau di dorong perlahan sampai terlihat semua.
  • dan yang terakhir tinggal dipress.kabel yang sudah terpasang dikonektor RJ-45 masukkan kedlalam mulut tang crimping yang sesuai dengan bagian pin Jack RJ-45 yang berada dimulut tang. sekarang jepit dengan tang crimping hingga pin menancap pada kabel. biasanya jika jack sudah menancap dengan benar akan terdengar suara klik. lakukan juga dengan ujung kabel lainnya.
  • coba apakah kabel berjalan atau tidak, masukkan kedua ujung kabel tersebut kedalam kabel tester kemudian tekan on. maka akan terlihat kabel mana saja yang aktif, jika pemasan benar aka kedelapan kabel akan berfungsi semua.


Cara pemasangan Kabel UTP tipe Cross
di kabel cross atau crossover memiliki fungsi untuk menghubungkan dua perangkat komputer secara langsung ataupun menghubungkan dua buah hub secara langsung.dan berikut cara nya, jika sudah bisa memasang kabel tipe Straight maka dalam tipe Cross tidak akan mengalami kesulitan karena teknik pemsangan nya sama saja cuma berbeda di urutan warnanya.

di tipe straight ujung kabel 1 dan 2 sama yaitu Orange putih, Orange , Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Coklat, Coklat Putih, dan Coklat.

tetapi pada tipe cross ujung kabel 1 urutan warnanya Orange putih, Orange , Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Coklat, Coklat Putih, dan Coklat. sedangakan diujung satunya urutannya Hijau Putih, Hijau, Orange Putih, Biru, Biru Putih, Orange, Coklat Putih, Coklat.


Demikian tutorial tentang pemasangan kabel UTP semoga bermanfaat untuk sobat blogger semua dalam mempelajari jaringan komputer. bantu sebar luaskan info ini kekawan-kawan yang belom tau dengan mengkili like di fp nya, kilik iklannya. dan kasih komen yang ngebangun thnks ^.^ 



close
Jadi Agen Iklan